Tuesday, October 13, 2015

Ngundoh Mantu (Tegal)

Setelah pusing ngurusin acara di Jakarta, ga berhenti sampe disitu aja nih perjuangan kami, karna masih ada acara Ngundoh mantu di Tegal. Bukan berarti kami kebanyakan duit loooh... tapi emang karna suami saya anak pertama jadi mungkin pengennya disana juga dirayain dan lagipula waktu di Jakarta juga ga semua sodara bisa dateng, jadi lanjutlah kita meluncuuur ke Tegal.

Berhubung saya belom punya cuti (belom 1 tahun di tempat kerja yang baru hehe..) jadi saya baru bisa berangkat kamis malem tanggal 1 Oktober (acara tgl 3-4) itu pun tanggal 1 nya saya masih masuk kerja hohoho *kejarsetoran. Berangkat dari Pasar Senen jam 19.45 wib dan sampailah di Tegal sekitar jam 01.30wib keesokan harinya dengan menggigil kedinginan (norak banget deh baru naek kereta lagi xP)

Pagi2nya (abis subuh), saya ikut adik ipar saya belanja buat kebutuhan acara, pasarnya sih hampir sama kaya pasar Jakarta cuma beda bahasanya aja *mendadak roaming hehe.. ya sebenernya sih saya ngerti bahasa Jawa, karna biasanya dirumah juga emak babeh sering ngomong jowo, tapi ternyata bahasanya beda sama bahasa Tegal jadi ya lumayan ga ngertinya deh disana roaming terus huhuhu.
Pulangnya naik becak nih ceritanya, ternyata becak di Tegal udah lebih modern ya dibanding di Depok, disana udah pake motor cyiiin ga capek ngayuh lagi "ini mah bukan modern mba', tapi tukang becak di Tegal males2 aja" kata adik ipar saya ha..ha..ha.. tapi tetep aja kan berarti modalnya lebih tinggi ketimbang becak di Depok hehehe..

Back to topic, acara nikahan disana ternyata lumayan beragam ya... H-1 ada pengajian (klo di depok biasanya kan pengajian yg dateng ibu2, yang ini justru bapak2), terus pas hari H, dalam 1 hari penganten dipajang seharian (orang tua ga wajib dan cuma dari jam 11 sampe jam 3 sore aja), kami ganti kostum 2x. Untuk jam 11.00 - 15.00 seperti acara nikahan di rumah biasanya sih.. tapi ga pake iring2an penganten masuk, pokoknya penganten keluar langsung duduk di pelaminan aja. Sementara orang tua boleh keluyuran boleh juga duduk ikut dipajang.. bebas..

Setelah jam 3 sore, kami ganti kostum tuh.. lanjut deh dipajang lagi sampe malem.. Padahal kostum yang kedua lebih bagus.. kata orang kaya berbi hohoho... tapi sayangnya dipajang doang jadi ga ada yang salaman sama pengantennya karna tamu2nya ibu2 dan langsung masuk ke dalem rumah.. pokoknya lumayan bete dan cape deh soalnya bener2 cuma dipajang doang ga ngapa2in.. alhasil ngobrol2 aja tuh ber2 ma suami ngalor ngidul he..he..he..

Emang ya yang namanya nikah dirumah itu emang capenya berlipet2.. karna kita2 juga yang nyiapin, kita juga yang ngejalanin. Udah gitu ternyata klo disana itu tetangga2nya masih banyak yang datengnya diluar jam acara, bahkan jam 10 malem juga ada aja yang masih dateng.. jadinya kita ga sempet beres2 deh udah kecapean trus ketiduran.. 

Besokannya, masih ada lagi nih.. tapi manten nya ga dipajang sih.. cuma suami aja yang nemuin karna giliran bapak2nya yang dateng, disana tuh disebutnya "walimah"an. Sementara saya juga sibuk nyiapin besek bareng adik ipar dan sodara2 yang lainnya. Dooong... hari ke2 pun masih sama.. banyak yang dateng udah diluar jam acara *tepokjidat. Alhasil saya pun kecape'an sampe muntah2.. harapannya sih ada dede bayinya he..he.. tapi ternyata cuma masuk angin :'(

Ya begitulah pengalaman saya di Tegal, mungkin berbeda lagi di daerah2 lainnya.. Yang jelas walaupun cape, tapi tetep seneng.. namanya juga sekali seumur hidup... Amiiin... :D

No comments:

Post a Comment