Tuesday, September 13, 2016

Finally She was Born!

Halo bunda~
Setelah lama saya ga posting, akhirnya saya bisa share tepat di 40w tanggal 4 September 2016 jam 23.35wib telah lahir putri pertama kami bernama Safira D. Naylatifa dengan berat 3,4kg dan panjang 51cm alhamdulillah secara normal di Bidan Mega Ayuningtias, Jl. Rambang III / 4 yang ternyata temen seangkatan masa SMP dulu xD.

My chibi wen2, sesaat setelah dilahirkan :*

apa tuh kepanjangan dari "D"? 
sampe sekarang arti dari inisial D ini masih belum terungkap, dan mungkin baru akan terungkap setelah One Piece tamat wkwkwkwk xP (maklum ya... bunda nya maniak One Piece sih...) xD
"D" disini adalah Deana yang menurut kamus arti nama berasal dari bahasa Amerika Inggris yang artinya kuat, dengan harapan semoga kelak anak kami ini tumbuh menjadi sosok yang kuat terutama secara mental untuk menghadapi dunia *syaaahhh gaya....
Sementara Safira diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti terhormat, terkenal, istimewa, dan karunia yang tidak terputus.
dan Naylatifa diambil dari 2 kata yang digabungkan yaitu Nayla dan Lateefa yang berasal dari bahasa Arab. Nayla berarti orang yang sukses, sementara Lateefa berarti baik.


Cerita proses persalinannya lumayan panjang dan seru nih..

Berhubung ini kali pertama saya hamil, jadi saya sama sekali ga tau kaya apa rasanya yang namanya kontraksi. Cuma denger2 cerita temen2 yang katanya rasanya kaya mules sampe punggung dan tulang belakang rasanya mau patah. Tapi sekedar cerita ternyata ga cukup, karna apa yang saya rasain selama masa kontraksi itu menurut saya sih beda sama cerita2 yang saya denger.

Tepatnya di usia kandungan 40w, minggu 4 September 2016 itu, bangun tidur sekitar jam 05.20 pas buang air kecil saya liat ada yang aneh, di cd kaya ada noda pink muda banget, trus ada kaya gumpalan darah saat menstruasi tapi ini warnanya bening dan ada sedikit warna coklat. Saya inget kata emak saya, "kalo udah ada tanda merah jambu di cd bilang ibu ya.. itu tanda pembukaan lahir". Yaudah saya lapor ke emak, dan emak langsung nyuruh periksa ke bidan. Tapi saya masih belom yakin karna saya cuma ngerasa sakit dibagian rahim kaya lagi menstruasi aja, bukan mules yang sampe tulang belakang berasa mau patah. Tapi anehnya, sakitnya itu dateng langsung 5 menit sekali, padahal yang saya denger, namanya kontraksi itu bertahap, dari mulai ga teratur jadi teratur, ada yang beberapa jam sekali sampe beberapa menit sekali.

Saya dan suami pun cari2 di mbah gugel dan yang kami dapat, itu barulah fase2 awal, dan belum perlu cek ke dokter karna masih termasuk ke pembukaan 1 dan dari pembukaan 1 ke pembukaan 2 biasanya memakan waktu yang lumayan lama. Tapi anehnya semakin siang tingkat kesakitannya semakin meningkat (munculnya masih 5menit sekali) sampe akhirnya abis ashar saya putuskan untuk cek ke bidan karna sakitnya udah mulai luar biasa (kira2 8x lipat dari sakit pas lagi menstruasi) tapi lagi2 ga sampe bikin tulang punggung berasa mau patah ya..

Sampe di bidan, kebetulan temen saya yang bidan itu lagi ga ada dan di cek sama emaknya (emaknya juga bidan sepuh yang udah pensiun). Langsung deh di cek dalem dan ternyata katanya belum ada pembukaan sama sekali dan kepala si dede pun belum masuk panggul. Alhasil saya disuruh pulang lagi dan disuruh jalan pagi, jalan naik turun tanjakan, sering2 berhubungan sama suami dll, bidannya bilang masih ada waktu 1 minggu supaya kepala si dede masuk panggul. Khawatirnya, sang bidan bilang "kalo liat kondisinya begini jadi 50:50 antara lahiran normal n sesar". Waduh mak... saya udah stress aja klo harus sesar gimana.. selain karna biaya yang lumayan, saya juga takut perut di belek2 huhu... Sedihnya lagi, kata sang bidan "Sakitnya jangan dirasain, ini baru 1/10 nya dari kontraksi beneran", padahal sakitnya itu udah ga nahan banget deh... udah kaya 10x lipat sakit waktu menstruasi.

Saya dan suami pun pulang lagi ke rumah, dan langsung cari jalanan tanjakan sesuai wejangan dari bidan sepuh. begitu selesai naik turun tanjakan, rasa sakitnya pun semakin meningkat 2x lipat. Saya masih sempet sholat magrib dan abis itu cuma bisa tiduran sambil 5menit sekali nahan sakit sambil atur nafas (kata bidan waktu senam hamil, waktu mules harus atur nafas bukan malah tahan nafas). Sedihnya, ga ada yang percaya kalo sakit yang saya rasain emang udah sakit banget. Suami saya pun bilang "inget, ini baru 1/10nya kata bidan, ga usah baper". Padahal....... sakitnya udah semakin parah sampe saya setengah sadar tapi saya juga masih bingung apa itu yang namanya kontraksi? Tapi biar gimanapun, saya langsung terenyuh karna saat saya setengah sadar itu saya liat suami saya ngeluarin air mata T_T, kayanya suami khawatir banget plus panik ngeliat saya yang kesakitan begitu.. Maaf ya suamiku, udah bikin khawatir....

Sekitar jam 21.00 saya kembali buang air kecil dan kali ini di cd ada noda darah campur lendir, langsung saya liatin aja ke emak. Emak pun langsung telpon ke bidan sepuh dan minta saya untuk di nginep disana (di tempat bidan ada ruang rawat inapnya). "Itu masih lama bu.. soalnya tadi di cek belom ada pembukaan dan kepala bayi belom masuk panggul, klo nginep sini takutnya bosen" kata sang bidan sepuh. Tapi ibu saya tetep ngotot supaya saya nginep disana, takut ada apa2 dan orang rumah ga ada yang ngerti. Akhirnya jam 22.00 pun saya dianter kk saya naik mobil meluncur ke bidan. Kakak saya bawa mobilnya ngebut pula.. bener2 deh ga ngerti adenya lagi kesakitan, dan dia cuma bilang sambil ketawa "haha.. kenapa lu tiba2 begini?" saya udah ga bisa jawab saking sakitnya.

Sampai di klinik lagi dan di cek sama bidan sepuh, ternyata bener udah pembukaan 3, tapi kepala dede masih belum masuk panggul banget. Bidan sepuh pun ngitung2 dan menurut perkiraannya kira2 bakal lahir sekitar jam 5 subuh, saya pun disuruh tidur dulu di kasur ruang rawat inap yang udah dikasih perlak gede banget. "tidurnya miring ke kanan & kiri ganti2 ya.." kata sang bidan sepuh. Saya pun nurutin dan mulai dari miring ke kiri sambil terus atur nafas dan rasanya semakin sakit (kira2 12x lipat sakit saat menstruasi). setengah jam kemudian, saya pun balik miring ke kanan dan perut rasanya penuh sama air dan si dede pun tiba2 aktif nendang2 dari dalem dan syuuuuurrr tiba2 saya ngerasa ada rembesan air banyak banget "aaaa.. apaan ini banjiiir..." saya langsung pegang tangan suami saya dan paniknya setengah mati. Suami saya pun langsung teriak panggil sang bidan sepuh dan sang bidan sepuh pun bilang "oh itu ketubannya pecah! ayo sini pindah ke ruang bersalin". Dalam pikiran saya, waduh bakal dibawa ambulance n jadi sesar deh nih, karna saya udah ga bisa jalan dan rasanya udah pengen ngeden aja "ga bisa jalan~ pengen ngeden~" teriak saya. "Jangan ngeden dulu! tahan! sini jalan ke ruang bersalin!" saut mba2 perawat. Dan karna udah ga bisa jalan, saya pun dibopong suami saya ke tempat tidur bersalin.

Diruang bersalin pun dicek lagi sama bidan sepuh dan ternyata udah pembukaan 10 alias pembukaan sempurna tapi kepala si dede masih belum begitu masuk ke panggul, akhirnya sambil nunggu bidan yang nanganin (bidan yang ternyata temen saya itu) saya disuruh miring ke kiri sambil ngeden. "ternyata udah pembukaan sempurna, tau gitu ngeden disana juga gpp tadi" kata sang bidan sepuh dan perawat. Mereka semua ga ada yang menyangka karna menurut teori memang seharusnya pembukaan sempurnanya masih lama, makanya mereka masih santai2 makan di luar.

Saya pun mulai ngeden sambil miring supaya kepala si dede masuk panggul dulu. kira2 sekitar 15mnt kali ya saya juga lupa, ga lama bidannya pun dateng, kepala si dede pun udah lumayan masuk panggul. Saya pun disuruh tidur terlentang sambil ngangkang (posisi mau melahirkan). Kira2 sampe saya ngeden yang ke 9x, bidan masih bilang "pinter.. klo gini terus kemungkinan bisa nih tanpa jaitan" saya pun seneng banget klo tanpa jaitan, karna denger2 dari temen, justru yang paling menyakitkan itu dijaitnya. Tapi sayangnya kira2 ngeden yang ke 12x saya udah ga kuat. Dedenya juga keluar masuk, sampe akhirnya bidan sepuh n mba perawat ikut bantu dorong perut saya. Disitu saya udah ga inget lagi deh cara ngeden yang bener, di pikiran saya cuma yang penting ni dede keluar aja.. udah cape juga ngeden kira2 satu jam lamanya dan 15x lebih edenan lah kira2. Akhirnya si dede keluar juga....... dan itu rasanyaaaaaa plong banget... selang berapa detik suara tangisan dede pun terdengar dan saya pun bisa liat wajahnya "itu anak ku? mirip siapa tuh?" cuma itu hal pertama yang terlintas di pikiran saya hahaha... rasanya masih ga percaya, sejak detik itu saya udah jadi emak2 dan dikasih tugas untuk merawat, menjaga dan membesarkan anak ini.

Ga lama si dede pun ditaro di dada saya sekalian IMD (masih aga licin2 bekas ketuban kali ya..). Saya peluk sambil bagian bawah saya pun akhirnya dijait karna ternyata robek kemana2 hiks. "Mau dibius apa ga nih? klo dibius sih aku info aja biasanya bengkak dan sakitnya jadi lebih lama" kata sang bidan. Akhirnya saya putusin ga dibius.. daaaaannnnnn itu rasanyaaaaaaaa luar biasaaaahhhh~ saya sampe bersenandung karna saya bukan tipe yang suka teriak2 sih.... "hmmmm sakitnya luar biasa yaaa... hmmm.... maknyus banget... hmmmm..." begitu aja sepanjang dijait. Beneran berasa jarum nuncep ke kulit juga tarikan benangnya... beuuuuhhh luarrrrr biasaaahhhh bangettt... tapi begitu ngeliat dede rasanya.. tetep sakit sihhh tapi seneng deh pokoknya ^_^

masih nginep di klinik nih..

Begitulah kisah persalinan saya yang menurut saya sangat luar biasaaahhh~ langsung inget emak waktu ngelahirin saya dulu juga begitu kali ya... makin sayang deh sama emak :*
Saya pun dirawat disana 2 malam dan pulang masih mengsong2 jalannya kaya nenek2 renta hahaha. Sekarang udah lewat seminggu, saya udah bisa jalan seperti biasa tapi masih suka ngilu2 klo duduk ato jongkok. Baby fira juga udah jago nenennya walopun kadang masih suka rewel.

paling suka kalo baby fira lagi melek.. matanya belo :*

Sekian dulu sharing dari saya... maklum emak2 baru harus lanjut ngurus anak hehe... ikutin terus perkembangan bayi inisial D ini di blog ini yaaa... :P






No comments:

Post a Comment